Bioflok di Batas Negeri

Tepuk tangan 100an orang menggema seiring dengan benih ikan lele berlarian ke dasar bak selepas ditebar oleh Dirjen Perikanan Budidaya dan Bupati Belu. Tepuk tangan yang membawa harapan besar untuk membangkitkan budidaya perikanan di perbatasan negeri, sebesar kegigihan para pembudidaya ikan di Cempaka Lalosuk untuk belajar dan bekerja memelihara ikan.

Perlu upaya ekstra dan kerja sama yang baik dengan berbagai pihak untuk mewujudkan harapan tersebut melalui kegiatan percontohan budidaya ikan lele sistem bak bulat. Dari mulai memilih calon penerima calon lokasi hingga proses adopsi teknik budidaya kepada masyarakat, termasuk, secara simbolis, melakukan penebaran pertama dan penyerahan bantuan secara resmi. Wajarlah bila semua itu dikategorikan pekerjaan yang penting dilakukan untuk memastikan harapan dapat terwujud sekaligus salah satu upaya pemerataan pembangunan.

Wajar juga, bila penebaran ikan dan penyerahan bantuan perlu untuk diselenggarakan dengan baik. Karena merupakan daerah perbatasan negeri yang relatif belum cukup familiar dengan sistem budidaya yang intensif, jadi wajar bila semangat kerja para penerima dan aparatur setempat sebanding dengan semangat tim pendamping teknis diberi penghargaan dengan kehadiran setingkat Dirjen dan Bupati.

Bagaimanapun, penebaran ikan adalah awal dari kerja sebenarnya dalam pemeliharaan ikan. Proses produksi baru mulai dan perlu kerja serius dari semua pihak untuk memastikan semua berjalan sesuai rencana. Semoga sukses

Atas kehadiran dan kerja sama yang baik, disampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada:
Kepala Dinas Perikanan Kab Belu
Kepala Bappeda Kab Belu
Kepala Dinas Kesehatan Kab Belu
Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kab Belu
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab Belu
Kepala Dinas KB Kab Belu
Kepala Bagian Humas Kab Belu
Kepala Karantina Ikan Bandara Atambua
Perwakilan Bagian Protokol
Perwakilan 50 Pokdakan dari 12 kecamatan Kab Belu
Banbinkamtibmas
Babinsa
Dinas Perikanan Kab Timor Tengah Selatan
Koperasi Syariah Soe Kab Timor Tengah Selatan
Pokdakan dari Kab Timor Tengah Selatan
Mahasiswa Politeknik Perikanan Kupang
Masyarakat sekitar Dusun Lalosuk