Antara KA #Pangrango, #Siliwangi dan (nunggu) #Kiansantang

1 Antara @KAI121 #Pangrango, #Siliwangi dan (nunggu) #Kiansantang
2 Lebih nyaman pakai @KAI121 dibanding moda transportasi darat lainnya, setdknya utk satu alasan: dpt tidur nyenyak
3 Dan kayaknya, tdk lama lagi bisa menyusuri lintas selatan dengan kereta api, tinggal menunggu relasi cjr-bdg
4 Namun, kenapa relasi smi-cjr-bdg dipecah menjadi smi-cjr @KA_Siliwangi dan cjr-bdg KA #kiansantang
5 Pasti, @KAI121 sudah memperhitungkan. Sehingga, ini hanya personal opinion saja
6 Nampaknya, relasi smi-cjr-bdg lebih baik kalo dibuat langsung, atau secepatnya @KAI121 #kiansantang dioperasikan
7 Ekspektasi masy pd @KAI121 relasi smi-cjr-bdg kemungkinan berbeda dengan relasi smi-bgr KA #Pangrango
8 @KAI121 #Pangrango hadir sebagai alternatif ketika moda transportasi darat lainnya, colt dan bis kecil, “bermasalah”
9 #Smi-bgr bila berharap lebih cepat harus pake colt tapi dengan ongkos yang tidak menentu, Rp 15K – 25K
10 Dengan itupun, waktu tempuh belum pasti, bisa 3 – 4 jam, penuh kemacetan #smi-bgr
11 Sering juga dapat “bonus” jantung hampir copot karena kenekadan sopir atau jalan yang buruk #smi-bgr
12 #Smi-bgr bisa juga pake bis kecil, cuma waktu tempuh bisa lebih tidak pasti
13 Pada kondisi itu, @KAI121 #Pangrango hadir dengan waktu tempuh yg lebih pasti, kenyamanan lebih baik dan ongkos nyaris sama
14 Bandingkan: ongkos colt Rp 20K, desak2an tanpa pasti berapa lama; KA #Pangrango Rp 20K atau bahkan Rp 50K, tapi pake AC 2 jam nyaman
15 Tidak lupa juga, @KAI121 #Pangrango hadir mengobati kerinduan masy yg kehilangan KA #BumiGeulis
16 Ditambah lagi, baik Sukabumi (utk orang Bogor) atau sebaliknya, dapat menjadi alternatif daerah tujuan wisata pada akhir pekan
17 Sehingga jadi wajar, KA #Pangrango punya penumpang tetap dari pekerja commute, mahasiswa hingga pedagang yg mau belanja ke bgr/jkt
18 Bagaimana dgn relasi #smi-cjr-bdg? Bis AC atau ekonomi tersedia dg frekuensi yg cukup sering dg ongkos jelas
19 #Smi-cjr-bdg juga ada kemacetan tapi relatif bisa diprediksi karena tidak banyak pabrik (mudah2an tidak tambah lagi)
20 KA relasi #smi-cjr juga sudah lama sekali tidak ada sehingga mungkin kerinduan masy sudah terlewati
21 Belum lagi, waktu tempuh @KA_Siliwangi bisa lebih lama dibandingkan bis dengan ongkos lebih mahal
22 Mungkin juga, tidak bisa berharap banyak, masy @SukabumiToday utk wisata ke Cianjur atau sebaliknya, selain mungkin perjalanan itu sendiri
23 Nampaknya keuntungan komparatifnya akan berbeda bila KA relasi #smi-cjr-bdg sudah dioperasikan
24 Penumpang dari gandasoli – cibeber yg mau ke bandung mungkin akan lebih memilih KA relasi #smi-cjr-bdg, selain dari smi langsung
25 Apalagi kalo ongkos dan waktu tempuhnya bisa bersaing dengan bis
26 Pilihanpun akan jatuh ke @KAI121 untuk penumpang dari smi & cjr yang akan menuju Jateng-Yogya-Jatim dari Bandung
27 Wajar juga @infosukabumi atau Bandung menjadi daerah tujuan wisata utk kedua masyarakat kota tersebut
28 Mudah2an saja, @KAI121 relasi smi-cjr-bdg segera tersambung
29 Sehingga menyusuri lintas selatan Jawa bisa benar2 lebih dinikmati atau tidur dengan nyenyak

(boleh donk sesekali nge-post di luar ikan; ‘kan sudah kenal KA #Sukabumi-Bogor sejak masa Rp 550)