swamp eel in clear waterBudidaya Belut di Air Bersih

it’s not a natural life history, but it’s should be adapted. like its name: ‘swamp’ eel (Monopterus albus) that mean eel lives in muddy ponds, swamps and rice fields; burrows in moist earth in dry season surviving for long periods without water (#fishbase, 2686). but there’s a question: is the eel always live in mud or is possible the eel adapted to clear water for aquaculture production?

in my mind, it’s should be differ reproduction behavior from growing up control on swamp eel. the eel may cultivated for growing up stage in clear water but have to use mud for reproduction.  it’s challenge to proven my hypothesis.

if you have suggests or experience about this area, please give me comments!

Ini bukan penampungan sementara tetapi budidaya. Daur hidup alami belut (Monopterus albus) biasa tinggal di dalam lumpur.  Banyak orang, baik penelitian atau usaha, yang sudah mencoba memodifikasi lumpur untuk kegiatan budidaya. mungkin beberapa berhasil meskipun kebanyakan yang lainnya masih bergelut dengan ‘teknologi doa’ untuk panen. karena hidup di dalam lumpur, tidak banyak yang bisa dilakukan untuk memastikan jumlah belut selama masa pemeliharaan. sehingga, sangat layak bila kemudian mencoba berinovasi: budidaya belut pada air bersih tanpa lumpur…

dalam hipotesis: mungkin belut bisa dibesarkan pada air bersih tapi tetap harus menggunakan lumpur untuk reproduksi alami. secara teknis: sejauh kebiasaan makan bisa diadaptasikan dan kebutuhan pakan bisa disuplai secara terkontrol, seharusnya pembesaran belut di air bersih dapat dilakukan. hanya saja, kontrol terhadap kemungkinan serangan penyakit akibat proses adaptasi harus benar-benar diamati dan dijaga.  keuntungan: dengan pembesaran belut pada air bersih, jumlah (yang berkaitan dengan kelangsungan hidup) dan pertumbuhan (yang berhubungan dengan penambahan bobot) dapat dimonitor sehingga target produksi bisa lebih realistis ditetapkan.

saya sudah memulai dan akan menyampaikan hasilnya pada blog ini di waktu mendatang. bila Anda punya pengalaman mengenai hal ini, dengan senang hati Saya akan menerima saran dan sharing Anda.

452 thoughts on “swamp eel in clear waterBudidaya Belut di Air Bersih

Leave a Reply