my goramy

Indonesian Giant Gouramy

Name: Indonesian Giant Gouramy, Osphronemus goramy Lacapede
Nama: gurame, gurami, grameh, gurameh, kalui
Sex : Male (jantan)

Aku sudah lupa kapan foto ini diambil, tapi antara 1999an, di-scan tahun 2000-an kemudian dipublish di webnya BBAT (zaman dulu http://bbat-sukabumi.tripod.com/gurami1.jpg, kemudian tidak dikelola lebih lanjut, tapi beberapa konten masih aktif).  Belakangan aku upload di fishbase (sekaligus dengan gambar pasangannya, betina).

Aku ingin menampilkannya disini karena ikan ini telah memberi semangat, inovasi, inspirasi, kesabaran dan cinta

Bagi anda yang merasa pernah menggunakan foto ini, aku rela setulus hatiku.  Tapi baiknya dengan menyebut sumber dan jangan suka mengklaim milik anda apalagi mempublish tanpa menyebut nama (sayangnya, ada lembaga/peneliti yang sudah melakukannya.

Untuk diketahui, pada gambar ini ada tanda yang nyaris tidak mungkin sama dimiliki oleh foto lain, yaitu: ada potongan rumput kering pada sirip ekor

One single comment

  1. Michael Pitoy says:

    Jadi ingat ada teman di gading Serpong, di halaman rumahnya ada bak fiber ukuran sekitar 2 x 3 meter dalam air 50 cm, didalamnya ada ikan aligator dan macam ikan2 kecil lainnya dan beberapa tanaman air. Uniknya didalamnya juga ada ikan gurami betina ukuran 80 cm ! Bagi temanku, ini adalah ikan peliharaan, sudah setahun kali dia punya ikan ini.

Leave a Reply