tips: cari literatursearch engine for sci-literature

Most of scientific literature, especially in ‘life science”, couldn’t get freely. In a development country with low GNP, literature price too expensive!!! On the other hand, reference site have to based on sci-literature. Legally sci-literature could be got freely using author correspondence.

Ini adalah pengalaman mendapatkan 200an literatur ilmiah (international journal) dalam waktu 2 mingguan, secara gratis dan legal!!!  Kebanyakan literatur ilmiah, terutama bidang “biologi” tidak tersedia dalam bentuk gratis alias harus bayar.  Dengan harga rata-rata USD 30, pastilah akan memberatkan bila harus membeli.  Padahal, referensi harusnya berdasarkan literatur ilmiah sehingga lebih dapat dipertanggungjawabkan.  Dengan keberadaan teknologi internet, bukan lagi alasan untuk sulit mendapatkan literatur ilmiah (ilmu fisika, kimia, biologi, sosial, ekonomi, seni dll) dan dapat diperoleh secara gratis…..(cukup biasa akses internet tentunya!).  Caranya:

  • Buka portal yang khusus untuk literatur ilmiah atau penerbit ilmiah, misalnya scirus (penerbit elsevier), blackwell-synergy (penerbit blackwell) atau springerlink (penerbit springer, untuk biologi dan medis dapat dipilih kategori ‘biomedical and life science’). Pencarian literatur yang dipublikasikan secara internasional dan ditulis dalam Bahasa Inggris lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan literatur nasional,

  • Tentukan kata kunci yang tepat, bukan judul penelitian dan tidak perlu menggunakan kata sambung. Bila diperlukan, dapat menggunakan frase yang ditulis dalam tanda petik ganda. Ketik kata kunci pada kolom search, contoh kata kunci: ‘cryopreservation sperm “common carp”’. Pada scirus, pilih hanya ‘journal source’. Tekan ‘enter’ atau klik ‘search’,

  • Baca judul-judul publikasi yang muncul. Jumlah publikasi yang sesuai dimunculkan pada bagian atas hasil pencarian. Pada scirus, hasil pencarian dapat dipersempit dengan mengisi kolom ‘refine’dengan kata kunci yang tersedia atau kata kunci lainnya. Hasil pencarian pada scirus, juga akan meliputi database pada pubmed. Hasil pencarian pada springerlink, juga akan meliputi jumlah publikasi dalam bentuk lain pada ‘type content’ dan sumber ‘subject’,

  • Pilih satu atau beberapa judul yang dikehendaki untuk membaca abstrak. Sebaiknya gunakan klik kanan dan ‘open in new window’ agar window hasil pencarian tetap terbuka. Pada scirus, memilih judul yang merupakan database pubmed akan membuka abstrak berikut keterangan jumlah judul-judul lain yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan (bukan hanya yang diterbitkan elsevier). Klik pada jumlah judul yang tersedia pada pubmed akan menampilkan semua judul yang ada tersedia,

  • Bila abstrak yang tersedia sesuai dengan yang dikehendaki, bersiaplah untuk bisa mendapatkan full-text dengan cara mengirim email pada penulisnya (corresponding author). Biasanya, di belakang nama author utama tersedia gambar amplop yang menunjukkan alamat email yang bersangkutan, baik link ke bagian akhir abstraks dimana alamat email tercantum ataupun hanya link untuk kirim surat langsung dimana alamat email dapat dibaca pada baris status. Sering juga, alamat email dicantumkan pada bagian akhir alamat author .

  • Bila alamat email tidak tersedia, cari alamat perguruan tinggi/lembaga author dengan menggunakan google.  Biasanya alamat author yang dicari dapat ditemukan pada “staff list”. Kalau tidak ditemukan, dapat ditanyakan kepada webmasternya.

Bagaimana menulis surat permintaan kepada corresponding author? cukup seperti ini:

to : (isi alamat email)

subject : reprint/copy paper

message :

dear DR (ketik nama lengkap author)

I’m student in University……..(sebagai perkenalan singkat cukup beberapa kata saja)

Could you please send reprint/copy ……………(isi dengan nama journal, tahun, volume dan halaman publikasi yang diminta, seperti tercantum dalam abstrak; bila ada beberapa jurnal dari author yang sama tuliskan saja semuanya) and other paper related it?

Sincerely yours,

(nama dan alamat lengkap; diperlukan karena sering kali yang dikirim dalam bentuk hardcopy via pos bukan softcopy via email)

Anda tinggal menunggu dan berdoa. Bila sedang bernasib baik, sebelum Anda bangun dari depan kompie, reprint sudah dikirim.  Bila sudah diterima, jangan lupa kirim surat balasan untuk mengucapkan terima kasih.

Untuk memudahkan mencari jurnal yang relevan, ada baiknya Anda berlangganan abstrak dari jurnal tertentu (kebanyakan penerbit menyediakan fasilitas ini dengan berbagai istilah, misalnya “online first” atau lainnya.  Langganan judul atau abstrak (via email biasanya bersifat gratis.

Selamat mencoba berburu literatur!!

6 comments

  1. Bujang Asoy.. says:

    I’ve already known your capacity, who always suceed to get some sci-literature from foreign country…

    Please… Tell us the tips and tricks to get sci-literature without paying an account

  2. juragan says:

    as I wrote, just send an enquiry email for reprint paper to author

  3. frienship says:

    waduwhhhh….
    tips cari literatur ni membantu gue banget makci yachhhhh!!!!!

  4. frienship says:

    this is very good but i think you must give some tips again!!!

  5. LULUS PUJI UTAMA says:

    GOOD WORK JURAGAN…..

  6. Gunawan says:

    terimakasih atas bantuan tips mencari literatur luar negeri. semoga menjadi nilai ibadah bagi P. Ade. amin……..

Leave a Reply